September 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sepulang Karantina, PMI asal Blitar Ini Ingin Segera Buka Usaha Kuliner di Kampung Halamannya

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Ita (29tahun) pekerja migran Indonesia asal Blitar, berencana membuka usaha di bidang makanan sepulang dari Brunai sebagai PMI selama hampir 8 tahun.

“Saya akan mencoba usaha makanan, seperti pengalaman saya bekerja di rumah makan nasi lemak di Brunai,” katanya, Rabu (02/06/2021) di Asrama Haji Surabaya.

Kepulangannya tahun ini karena telah habis masa kontrak kerjanya. Untuk selanjutnya mencoba membuka usaha sendiri di kampung halaman di Blitar. “Untuk sementara akan fokus mengurus anak, karena akan masuk sekolah,” kata Ita.

Lebih lanjut dikatakannya, awal mula sebagai PMI adalah mengikuti jejak kakaknya yang lebih dulu sebagai PMI. Kemudian mengikuti pelatihan di Jakarta, sebagai bekal untuk bekerja di Brunai. “Dengan pengetahuan yang telah diterima, kami merasa tidak ada kendala sama sekali saat bekerja di sana,” tambahnya.

Ia mengaku bekerja di Brunai sangatlah nyaman dan aman. Di masa pandemi Covid-19, kasus Corona di Brunei sangat rendah. “Dengan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, dan kita juga tertib dalam mengikutinya, kami bisa bekerja dengan aman tanpa ada kekhawatiran,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement