June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Siapkan Diri Jadi Pengusaha Sukses, Caranya ?

2 min read

Melihat orang sukses dalam membangun bisnis terkadang dari nol memang bisa membuat Anda merasa ingin menempuh jalur yang sama. Dari kesuksesan itu, ada usaha keras yang mungkin sudah dilakukan orang sukses tersebut.

Satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan diri untuk menjadi pengusaha sukses. Penulis buku laris yang hampir dua dekade berada dekat orang-orang sukses, Robert Frank, menyebut kunci sukses pengusaha sukses seperti Pendiri Amazon Jeff Bezos dan Pendiri Tesla Motors Elon Musk di CNBC.

 

Kemampuan tidak peduli

Orang-orang sukses, kata Robert, seringkali tak peduli apakah cara yang ambil dalam mengatasi masalah sudah benar dalam pandangan orang banyak atau belum. Orang-orang sukses biasanya selalu berpikir di luar kebiasaan (out of the box).

“Alasan Bezos kembali investasi di bidang ritel adalah karena dia tidak memulainya sejak di Macy. Alasan Musk membangun perusahaan mobil adalah karena dia tahu apa yang salah dengan General Motors,” katanya.

Seringkali, kata Frank, langkah terbaik diawali dengan membangun merek baru yang benar-benar baru dan menjadi disruptor dari apa yang sudah ada. Sebab, pengusaha juga tidak yakin apa yang salah dengan produk-produk tersebut dan cara melawannya.

 

Obsesif

“Bila Anda sudah punya ide dan melihat visi dari ide tersebut, semua orang akan menganggap ide Anda salah. Bila mereka mengatakan sebaliknya, Anda juga pasti tahu bahwa diri Anda tidak akan tertantang memenangkan ide tersebut,” jelas Robert.

Orang-orang sukses, kata dia, adalah yang memiliki dedikasi penuh dan fokus. Dia mendayagunakan semua sumber daya dan kemampuan yang ada untuk meraih tujuan di masa mendatang.

“Mereka bahkan bisa dibilang obsessive-compulsive-personalities. Ketika mereka tertarik dengan suatu ide baru, mereka tidak akan pernah melepaskannya,” tambahnya.

 

Sudut pandang unik dan berbeda

Prinsip ketiga adalah yang paling penting. “Entah pada cara mereka minum kopi atau apapun, mereka selalu terlihat berbeda dan melakukan apapun dengan cara yang tidak biasa,” paparnya.

Menurut Robert, hal itu tidak dipelajari dan bukan dari kebiasaan. Mereka melakukannya secara alami. Robert juga mengatakan, untuk sukses, para pengusaha sukses tetap harus melakukan upaya total.

Mereka investasi untuk tujuan akhir yang ingin dicapainya, termasuk dengan segala risiko. “Beda pengusaha sukses dan orang biasa terletak pada kemampuan mengelola risiko,” tambah Penulis Buku Scott Galloway.[]

Advertisement
Advertisement