June 13, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Susah Cepat Tidur ? Berikut Tips Agar Bisa Lekas Terlelap Dalam Waktu Singkat

2 min read

ApakabarOnline.com – Mengalami gangguan tidur atau kesulitan tidur sebagian besar disebabkan oleh pikiran yang terus aktif dan distraksi dari perangkat elektronik.

Ada kalanya terlalu keras mencoba berbagai cara cepat tidur, justru menyebabkan kecemasan dan kegelisahan bertambah parah. Tak jarang mengonsumsi obat susah tidur dengan bahan kimia menjadi pilihan terakhir.

Sekarang kamu tidak perlu pusing lagi, ternyata ada rahasia cara agar cepat tidur bagi yang susah tidur. Cara mengatasi susah tidur ini tidak menimbulkan efek samping dan terbukti ampuh.

 

Cara Cepat Tidur dengan Metode Militer

Cara mengatasi susah tidur dengan metode militer berasal dari sebuah buku berjudul Relax and Win: Championship Performance in Whatever You Do karya Lloyd Bud Winter.

Metode ini kemudian dipopulerkan oleh Sharon Ackerman dan sering digunakan oleh para pilot di Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut, Amerika Serikat.

Metode militer menggunakan kekuatan pikiran untuk menghalau distraksi dan membuat pikiran lebih rileks. Inilah cara agar bisa tidur cepat dengan metode militer.

 

  1. Rilekskan Wajah
  • Ambil posisi telentang
  • Regangkan mulut secara perlahan
  • Lemaskan kening yang berkerut
  • Buka mata pelan-pelan

 

  1. Relaksasikan Badan
  • Lemaskan leher dan leher agar tidak tegang
  • Posisikan kedua tangan di samping badan
  • Regangkan jari-jari tangan
  • Pastikan kaki dalam kondisi riles tanpa tekanan

 

  1. Atur Pernapasan
  • Tarik napas yang dalam
  • Hembuskan napas pelan-pelan
  • Rilekskan dada

 

  1. Jernihkan Pikiran
  • Hilangkan semua beban pikiran
  • Bayangkan pemandangan menenangkan selama 10 detik
  • Ucapkan kata “jangan berpikir” berulang kali selama 10 detik

 

Cara Tidur Cepat dengan Teknik Pernapasan 4-7-8

Cara tidur cepat selain menerapkan metode militer, kamu juga bisa mencoba teknik pernapasan 4-7-8 yang fokus mengatur otot pernapasan, untuk mengalihkan pikiran agar beristirahat.

Teknik pernapasan 4-7-8 pertama kali dikembangkan oleh seorang dokter penyakit dalam bernama dr. Andrew Weil, lulusan Harvard Medical School.

Dr. Andrew Weil percaya bahwa pernapasan adalah senjata ampuh menenangkan tubuh dan pikiran. Berikut ini langkah-langkah teknik pernapasan 4-7-8 yang bisa kamu terapkan.

 

  1. Letakkan ujung lidah menempel di langit-langit mulut dan tahan.
  2. Buang napas melalui mulut sampai mengeluarkan bunyi desis udara.
  3. Tutup kedua bibir lalu tarik napas melalui hidung sambil hitung sampai empat.
  4. Tahan napas dan hitung sampai tujuh.
  5. Buang napas lewat mulut sampai hitungan delapan.
  6. Ulangi metode ini hingga empat kali sampai kamu terlelap.

 

Cara Agar Cepat Tidur dengan Bantuan Imajinasi

Jika melakukan metode militer dan teknik pernapasan 4-7-8 tidak membuahkan hasil karena mengaktifkan pikiran, kamu bisa coba cara agar cepat tidur terakhir ini yang melibatkan imajinasi.

Menurut sebuah studi tahun 2002 dari University of Oxford, para peneliti menemukan bahwa orang yang melibatkan imajinasinya bisa tertidur lebih cepat daripada mereka yang tidak melakukan instruksi.

Inilah cara cepat tidur dengan bantuan imajinasi untuk menghindari otak kembali terlibat dalam pikiran, kekhawatiran, atau kecemasan yang mengganggu.

 

  1. Tenangkan pikiran.
  2. Tarik napas yang dalam.
  3. Bayangkan suasana alam yang tenang dan perasaan yang tentram. Misalnya membayangkan air terjun, suara gemericik air, air deras mengalir, suara hujan turun ke bumi, aroma tanah sehabis hujan, dan sebagainya.

Itulah, tiga cara agar bisa tidur dengan nyenyak yang bisa dipraktikkan dengan cepat dengan hasilnya optimal. Pastikan kondisi kamar tidur kamu tenang dan jauh dari kebisingan. Selamat tidur! []

Advertisement
Advertisement