November 25, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tak Hanya Pesawat dan Kereta Api, Bis Mewah Buatan Semarang Juga Diminati di Luar Negeri

2 min read
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melepas Ekspor Bis Buatan Karoseri Laksana Semarang (Foto Humas Pemprov Jawa Tengah)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melepas Ekspor Bis Buatan Karoseri Laksana Semarang (Foto Humas Pemprov Jawa Tengah)

Prime Banner

SEMARANG – Patut berbangga sebagai generasi Indonesia, ditengah ketatnya persaingan global dunia otomotif internasional, bis buatan karoseri di Semarang mampu menembus pasar luar negeri. Adalah karoseri Laksana, yang berbasis di wilayah Kabupaten Semarang, produk bis double decker  mewahnya terbukti telah diminati pasar luar negeri.

Seperti baru-baru ini, 10 unit bis mewah di ekspor ke Bangladesh, setelah sebelumnya Timor Leste dan Fiji telah menerima dan menggunakan bis buatan Jawa Tengah.

Dalam keterangan persnya, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang secara seremonial melakukan pelepasan 10 bis yang akan diekspor menyebut akan mendukung penuh seluruh usaha di wilayah kerjanya agar bisa berkembang dan bermanfaat untuk seluruh warga Jawa Tengah khususnya dan mengharumkan Indonesia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melepas Ekspor Bis Buatan Semarang (Foto Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melepas Ekspor Bis Buatan Semarang (Foto Humas Pemprov Jateng)

“Yang membuat saya semangat menggebu-gebu ya karena ini mau diekspor. Karoseri ini sudah ekspor ke beberapa negara. Yang sekarang ini ke Bangladesh,” kata Ganjar dikutip dari laman pemprov Jawa Tengah.

“Saya mau sampaikan ke Pak Presiden dan Bu Menkeu, kami di Jateng sudah memanfaatkan insentif yang diberikan pemerintah. Manfaatnya sudah dirasakan, salah satunya ini,” lanjutnya.

Bahkan, dalam kesempatan tersebut, Ganjar menawarkan diri membantu pemasaran produk karoseri Laksana. Dirinya berencana akan menghubungi setiap perwakilan RI di negara mana saja agar membantu memasarkan bis produksi Semarang tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama Laksana Iwan Arman menyatakan dukungan pemerintah berperan besar dalam kesuksesan usahanya. “Banyak sekali kemudahan dan fasilitas yang diberikan pemerintah, misalnya yang sudah saya rasakan adalah kemudahan impor untuk tujuan ekspor. Apalagi, mengurus segala perizinannya sekarang cepat, satu jam sudah selesai semuanya,” kata Iwan.

Dalam waktu dekat, bis serupa juga akan dikirim ke Thailand dan Filipina. []

Advertisement