April 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tanda Tanda Jantung Kita Sedang Tidak Sehat

2 min read

JAKARTA – Salah satu kondisi kesehatan kurang baik yang sebagian dialami seseorang adalah jantung tidak sehat. Ada beberapa tanda kalau seseorang mengalami kondisi ini.

Dikutip dari halodoc.com, jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital. Gangguan yang terjadi pada jantung dapat memicu sejumlah penyakit bahkan kematian.

Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan jantung agar kondisi kesehatan selalu dalam kondisi yang optimal.

Berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan memenuhi kebutuhan tidur menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kita juga perlu mengetahui apa saja tanda kalau jantung tidak sehat.

Melansir yoursay.id dari klikdokter.com, berikut adalah beberapa tanda jantung tidak sehat:

 

  1. Cepat lelah

Jantung memiliki peranan sebagai pemompa darah ke seluruh bagian tubuh. Dan darah tersebut membawa suplai oksigen ke berbagai anggota tubuh. Jika kamu tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup maka kamu dapat merasa cepat lelah.

Hal itulah yang terjadi jika jantung tidak sehat dan memiliki masalah dalam memompa darah. Penumpukan darah yang ada di paru-paru juga dapat mengurangi jumlah oksigen yang kamh hirup.

 

  1. Nyeri dada yang menjalar

Nyeri dada yang menjalar bisa jadi merupakan salah satu tanda kalau jantungmu sedang tidak sehat.

Rasa nyerinya bisa diibaratkan seperti dada yang ditekan oleh benda tumpul. Biasanya rasa nyeri tersebut dirasakan di dada sebelah kiri.

Namun seringkali nyeri tersebut menjalar ke bagian tubuh lain, seperti tangan, leher, hingga rahang. Nyeri tersebut disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang ada di jantung.

 

  1. Batuk

Pada umumnya batuk merupakan gejala sistem pernapasan yang tidak baik. Namun batuk juga dapat menjadi salah satu tanda kalau jantungmu sedang dalam kondisi yang tidak sehat.

Jika kamu mengalami batuk secara terus-menerus tanpa disertai dahak, maka kamu wajib waspada. Karena hal tersebut bisa jadi tanda kalaj jantungmu tidak sehat karena ada penumpukan darah di paru-paru.

 

  1. Sesak napas

Sesak napas juga bisa menjadi salah satu tanda kalau jantungmu sedang tidak sehat. Jika jantungmu bermasalah maka darah yang mengalir ke berbagai organ tubuh akan terakumulasi karena tidak dapat terpompa dengan baik.

Salah satu contohnya adalah darah yang menumpuk di dalam jaringan organ paru-paru. Cairan yang menumpuk di paru-paru dapat membuat dirimu merasakan sesak napas.

 

  1. Dada berdebar

Jantung akan memompa darah di dalam tubuhmu dalam ritme yang sudah beraturan. Walaupun kamu tertidur, jantung tetap akan bekerja dengan ritme yang sama. Hal tersebut disebabkan oleh aliran listrik yang ada di dalam tubuh.

Jika aliran listrik tersebut mengalami gangguan, maka ritme yang dihasilkan oleh jantung juga akan mengalami gangguan. Hal itulah yang menyebabkan dada suka berdebar secara tiba-tiba tanpa penyebab yang pasti.

Nah, itulah beberapa tanda kalau jantung sedang dalam kondisi tidak sehat. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement