January 28, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tips Membuka Usaha Toko Kelontong di Tahun 2023

4 min read

JAKARTA – Jika kamu sudah lama memimpikan memiliki usaha, awal 2023 ini awal yang tepat untuk membuka bisnis kamu. Lantas peluang usaha apakah yang memiliki potensi ditahun ini? Salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan adalah membuka toko kelontong.

Meski demikian, setiap peluang usaha tentu memiliki resiko kerugian yang bisa saja terjadi setiap waktu. Nah bagaimana caranya agar usaha yang baru kamu rintis tidak gulung tikar.

Dilansir dari berbagai sumber, menjawab hal tersebut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, di antaranya adalah:

 

  1. Lokasi yang tepat

Lokasi adalah hal terpenting dalam membangun usaha toko kelontong. Sedikit atau jumlah pembeli sebagian besar ditentukan oleh lokasi toko. Toko kelontong menyediakan kebutuhan rumah tangga. Oleh karena itu, tempat yang paling cocok dalam sistem tersebut adalah daerah yang padat penduduk.

Penduduk setempat menyukai lokasi toko yang dekat karena mereka tidak perlu pergi jauh untuk membeli kebutuhan pokok. Jika kamu tidak ingin menyewa toko maka kamu bisa menggunakan rumah sebagai toko. Dengan cara ini, modal yang kamu butuhkan lebih sedikit.

Saat memilih tempat, perhatikan keberadaan kompetitor. Jangan biarkan diri kamu membangun toko kelontong di sebelah toko serba ada. Hal ini tentu memiliki tingkat persaingan yang tinggi.

 

  1. Kenali pelanggan potensial

Setelah kamu mendapatkan tempat yang strategis, maka kini saatnya untuk mengidentifikasi pelanggan potensial. Pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda. Sebaiknya lakukan riset untuk memastikan produk yang kamu jual benar-benar dibutuhkan masyarakat.

Setelah mengetahui kebutuhan calon pelanggan, maka kamu bisa langsung menghitung jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli produk kebutuhan masyarakat. Selain menilai kebutuhan orang, kamu juga harus memastikan tidak ada pesaing di area tersebut.

Persaingan antartoko kelontong sangat ketat karena target pasarnya tidak luas. Keuntungan dalam bisnis toko kelontong tidak terlalu besar. Sehingga kamu harus memperhatikan daya beli pada suatu daerah.

 

  1. Modal usaha

Ketika kamu ingin memulai bisnis, tentunya kamu harus mengeluarkan modal awal. Jika kamu memiliki tabungan yang cukup hal tersebut tentu tidak jadi masalah. Tetapi jika tabungan yang kamu miliki tidak mencukupi tentunya kamu harus mencari kekurangan modal.

 

  1. Mencari bahan baku yang murah

Ketika kamu sudah tidak memiliki masalah dengan tempat dan permodalan, maka langkah selanjutya adalah kamu mencari supplier barang-barang yang akan kamu jual, tetapi dengan penawaran harga yang bersaing, tetapi masih memiliki keuntungan yang kecil.

Menemukan barang belanjaan yang terjangkau adalah tips untuk memulai toko bahan makanan. Semakin rendah harga produk, semakin tinggi keuntungan yang akan kamu dapatkan. Harga produk di pasar tradisional biasanya lebih murah dibandingkan di toko retail ternama.

Jika ingin menjual beras, sebaiknya beli langsung dari petani. Anda juga dapat membelinya dengan sepeda. Penghasilan Anda akan lebih rendah dari distributor. Untuk meningkatkan minat pembeli, Anda bisa menjual lebih banyak barang dengan harga diskon. Anda dapat berinvestasi pada hal-hal yang menghasilkan keuntungan paling banyak.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang. Misalnya, penurunan harga langsung. Pilihan lain, Anda dapat menyumbangkan uang jika pelanggan telah tiba usaha kecil. Proses ini dianggap baik.

 

  1. Buat toko yang menarik

Kamu pasti sudah mengerti dan membayangkan seperti apa rasanya di toko kelontong. Ada etalase dan barang-barang yang tergantung di atas. Kemudian, penjual melayani di balik jendela. Jika kamu ingin memiliki toko kelontong yang sukses, cobalah untuk berinovasi.

Barang dagangan sebaiknya ditata sedemikian rupa sehingga terlihat lebih rapi. Pelanggan akan melihat penataan ini. Selain itu, kamu dan pembeli juga dapat memilih barang lain dengan mudah. Urutkan item berdasarkan jenis. Misalnya, ada rak yang berbeda untuk berbagai jenis gula pasir, teh, dan kopi.

Sedangkan barang-barang seperti sabun diletakkan di tempat yang berbeda. Tidak ada salahnya meniru tampilan khas di minimarket dan supermarket. Tujuannya agar barang-barang tersebut bisa terjual lebih awal.

Selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa dari setiap produk yang kamu jual. Jangan biarkan kamu menawarkan barang yang tidak mungkin bagi pembeli. Selain berbahaya, pelanggan juga bisa kabur jika lalai seperti ini.

 

  1. Berikan pelayanan yang baik

Kualitas layanan adalah tulang punggung perusahaan mana pun. Orang akan lebih memilih untuk mengunjungi toko-toko dengan harga jual yang tinggi namun pelayanan yang ramah. Oleh karena itu, harga murah tidak cukup untuk menarik pelanggan. Jika kamu dapat menawarkan harga murah dan pelayanan yang baik, mengapa tidak melakukan keduanya?

Jangan lupa tersenyum pada pelanggan yang mampir ke toko. Selalu berusaha untuk berterima kasih kepada pelanggan atas kunjungan mereka. Dengan begitu, pembeli tidak merasa malu untuk memperlakukan kamu dengan baik.

 

  1. Menyimpan catatan keuangan

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan agar toko kelontong kamu bisa sukses maka kamu harus memperhatikan akuntansi. Karena catatan akuntansi merupakan hal yang wajib dan harus ada dalam sebuah bisnis.

Banyak pemilik toko sembako yang kebingungan dengan keuangan bisnis karena tidak memiliki catatan pembukuan toko sembako. Catatan akuntansi sering berisi informasi tentang pendapatan dan pengeluaran.

Dengan data ini, kamu dapat melacak jejak keuangan kamu dengan lebih mudah. Untung dan rugi dapat ditentukan dengan lebih mudah. Sayangnya, banyak orang yang tidak memiliki akuntan karena terlalu ribet. Untuk itu, kamu bisa menggunakan aplikasi kasir yang banyak kamu temukan di playstore atau appstore.

Itulah beberapa tips dan cara untuk membangun peluang usaha toko kelontong yang dapat kamu lakukan. Meski sebenarnya masih banyak cara untuk mendatangkan pelanggan untuk berbelanja di toko kamu. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply