October 7, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha untuk PMI Purna Agar di Kampung Halaman Berdaya

1 min read

JAKARTA – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Lampung menggelar pemberdayaan untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna. Program pemberdayaan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan budi daya jamur tiram, produk olahan jamur tiram, produk olahan singkong, dan aneka kripik buah, yang dilaksanakan di Balai Desa Labuhan Ratu IV Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, selama empat hari, Selasa (9/08/2022) hingga Jumat (12/08/2022).

Kepala BP3MI Lampung, Ahmad Salabi, dalam sambutannya menyampaikan melalui pelatihan pemberdayaan ini, diharapkan dapat meningkatkan minat para peserta dalam berwirausaha. Untuk itu, para peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan secara sungguh-sungguh, agar memberi manfaat sebagai bekal untuk mengembangkan usaha.

“Pelatihan ini merupakan bukti hadirnya negara dan bentuk keseriusan negara kepada PMI dan keluarganya. Kita berharap pelatihan ini dapat menambah wawasan, kemampuan, serta pengetahuan para PMI. Pelatihan kali ini juga diharapkan dapat memotivasi para PMI, untuk selalu meng-upgrade informasi dan skill, karena perkembangan teknologi yang cepat, membuat para PMI harus cepat menyesuaikan diri,” ujar Salabi.

Pemberdayaan PMI Purna ini merupakan salah satu wujud dari 9 Program Prioritas BP2MI, untuk kesejahteraan ekonomi dan sosial bagi PMI dan keluarganya, baik di dalam ataupun luar negeri. Ini dilakukan sehingga PMI yang telah pulang dari luar negeri dapat terbuka wawasannya, untuk berwirausaha dan diharapkan meningkatkan kesejahteraan.

Turut hadir sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut yaiitu Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian; Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB; Darsa Keripik Buah Lampung; Asosiasi Industri Kecil Menengah; Trainer Kewirausahaan Professional; serta PMI Purna Inspiratif, Elli Astuti Dewi.[]

 

Advertisement
Advertisement