May 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Vaksinasi Corona Segera Digelar di Hong Kong, Pengasuh Lansia Mendapat Prioritas

1 min read
Hong kong during pancemid (foto Bloomberg.com)

Hong kong during pancemid (foto Bloomberg.com)

Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Rencana vaksinasi yang sedianya akhir bulan ini (Februari 2021), terus dikebut teknis-teknis pelaksanaanya.

Kemarin (18/02/2021) siang, otoritas Hong Kong menyampaikan beberapa informasi penting terkait dengan rencana vaksinasi covid-19 tersebut.

Dalam keterangan persnya, otoritas Hong Kong telah melakukan pembelian sebanyak 22.500.000 dosis vaksin dari tiga merk berbeda. Vaksin-vaksin tersebut akan segera tiba di Hong Kong secara bergelombang.

Saat ini, mengacu pada data dan rekomendasi dari Hong Kong CHP, otoritas Hong Kong mulai mengidentifikasi kelompok-kelompok yang mendapat prioritas untuk mendapatkan vaksinasi di periode awal, yakni :

  1. Seluruh tenaga kesehatan baik yang terlibat dalam penanganan pandemi secara langsung maupun tidak.
  2. Lansia dengan usia 60 tahun keatas termasuk orang yang menjadi perawat atau pendampingnya sehari-hari.
  3. Penghuni dan seluruh staf panti jompo.
  4. Orang-orang yang bekerja pada layanan publik
  5. Orang yang menjadi pekerja atau pelaku layanan transportasi lintas batas termasuk orang-orang yang bekerja atau petugas di lintas batas.

Vaksinasi dilakukan di empat jaringan, yakni di 29 Community Vaccination Center (CVCs)  yang tersebar di 18 distrik, 1.200 praktek dokter non pemerintah, 1.500 klinik, serta 18 layanan rumah sakit.

Vaksinasi dilakukan dari pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam. Warga yang akan melakukan vaksinasi diharapkan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui sistem pendaftaran online di alamat www.covidvaccine.gov.hk mulai tanggal 23 Februari. Vaksinasi akan dimulai pada 26 Februari nanti.

Vaksinasi tahap pertama ditargetkan akan selesai pada pertengahan Maret 2021. Informasi lengkap dapat diakses di laman www.covidvaccine.gov.hk. []

Advertisement
Advertisement