August 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Waktu Mandi yang Tepat dan Tidak Tepat Menurut Ajaran Rasulullah

2 min read

JAKARTA – Mandi adalah aktivitas membasuh tubuh dengan menggunakan air, larutan encer, atau dengan merendam tubuh dalam air.

Mandi adalah kewajiban bagi setiap manusia. Dalam agama Islam, mandi sangat wajib hukumnya karena setiap Muslim dianjurkan untuk menjaga tubuh agar tetap bersih.

Mandi juga tidak hanya untuk membersihkan tubuh dari kotoran, namun juga menyegarkan tubuh setelah seharian beraktivitas.

Mandi dapat dilakukan dalam situasi apa pun asalkan ada air, mulai dari yang hangat hingga yang dingin. Mandi bisa dilakukan di bak mandi, pancuran, atau bisa juga di tempat terbuka seperti sungai, danau, lubang air, kolam, laut, dan sumber air lainnya. Istilah untuk tindakan tersebut dapat bervariasi.

Melansir dari pikiran-rakyat.com, 3 waktu yang dilarang mandi dalam Islam, berikut penjelasannya:

 

  1. 30 Menit Setelah Salat Ashar

Larangan yang pertama adalah jangan mandi 30 menit setelah salat Ashar. Lantas apa yang akan terjadi apabila larangan tersebut dilakukan?

Pada kisaran waktu itu, kondisi darah dalam tubuh tengah dalam keadaan panas, sehingga apabila kita mandi, maka dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih.

Bahkan, waktu tersebut dipercaya dapat meningkatkan risiko kematian mendadak, jika Anda bersikukuh untuk mandi pada rentang waktu itu.

 

  1. Setelah Salat Magrib

Selain 30 menit setelah salat Ashar, jangan juga mandi setelah salat Magrib. Artinya, jangan mandi sekitar pukul 18.00 hingga 19.00 waktu setempat.

Mandi setelah salat Magrib juga sangat tidak dianjurkan dan bahkan dilarang, karena kondisi jantung pada saat itu mulai melemah.

Jika mandi di waktu tersebut, jantung akan mengalami kaget dan dapat mengakibatkan kematian mendadak.

Di samping itu, mandi setelah salat Magrib juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

 

  1. Setelah Salat Isya hingga jam 12 malam

Setelah salat Isya merupakan waktu yang juga dilarang untuk mandi, pada waktu itu jantung kita sedang beristirahat.

Mandi pada saat itu akan menyebabkan kerusakan jantung hingga penyakit rematik.

Mengutip dari dream.co.id, menurut Rasulullah SAW, mandi yang tepat adalah di waktu Subuh atau sebelum Subuh. Karena pada saat itu air mengandung ozon lebih tinggi, sehingga sangat baik untuk tubuh dan bisa membuat Anda awet muda, serta meningkatkan daya tahan tubuh. []

Advertisement
Advertisement