Pekerja Rumah Tangga Tidak Layak Mendapat Libur

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Ditengah memanasnya situasi terkait dengan perlindungan pekerja asing utamanya pekerja rumah tangga asing di Timur Tengah, seorang selebriti di negara Kuwait tiba-tiba melontarkan pernyataan yang bikin situasi semakin memanas, pasalnya, dia menyebut, pekerja rumah tangga seharusnya tidak perlu mendapatkan hak libur.

Selebriti bernama Sondos Al Qattan tersebut menyampaikan pernyataannya dalam sebuah publikasi video di laman twitter miliknya. Dalam video yang diunggah awal Sabtu (14/07/2018) kemarin, Qattan menyorot pemberlakuan peraturan terkait dengan kontrak kerja, perlindungan serta hak bagi PRT asing.

17 Tahun Kerja di Luar Negeri, Sulam Tidak Pernah Libur

“Bagi orang-orang Filipina yang ingin mendapatkan pekerja rumah tangga, kontrak kerja konyol apa yang harus Anda tanda tangani? Wanita (PRT Asal FIlipina) yang saya temui sedang membacakan peraturan untuk saya dan saya hanya terkejut. Saya menyadari bahwa mereka perlu diberi jeda (istirahat) setiap lima jam, itu normal, tetapi, bagaimana Anda bisa memiliki PRT asing di rumah Anda yang paspornya mereka pegang sendiri? Dimana letak kekuasaan kita sebagai majikan? Jika mereka melarikan diri dan kembali ke negara mereka, siapa yang akan mengganti uang saya ?” katanya.

Al Qattan tidak berhenti di situ tetapi juga melanjutkan dengan menolak aturan yang memberi waktu libur bagi seorang pekerja per minggu.

“Lebih buruk lagi, apakah mereka mendapat libur setiap minggu! Apa untungnya ? Jujur, dengan kontrak baru ini, aku tidak akan mengambil PRT dari Filipina. ‘ Dia hanya bekerja enam hari seminggu dan mendapatkan empat hari libur sebulan, “tambahnya.

Tidak jelas, apa yang melatarbelakangi Al Qattan tiba-tiba mengeluarkan pernyataan tendensius dengan menyebut secara spesifik, PRT Filipina. Sepertinya, Al qattan merasakan aturan baru yang diberlakukan usai penghentian PRT dari Filipina ke Kuwait beberapa waktu lalu, tidak membuatnya sebagai majikan menjadi lebih nyaman memperkerjakan PRT asal Filipina.

Berikut konten videonya :

You may also like...