June 22, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Derita Seorang PRT Asing, Digigit Anjing Majikan, Bengkak Hingga Beberapa Hari Tidak Diobatkan

2 min read

HONG KONG – Bekerja di sektor rumah tangga sebagai pekerja rumah tangga tidak selamanya mendapatkan tempat pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan yang dibayangkan sebelumnya.

Seringkali seorang calon PRT mendapatkan majikan yang jauh melampaui ekspektasinya. Namun tak jarang pula mereka mendapatkan majikan yang jauh dibawah ekspektasinya.

Jika sudah demikian, penderitaan berkepanjangan baik fisik maupun mental harus ditelan.

Ada mereka yang sanggup bertahan, namun ada pula yang dengan terpaksa tidak kuat menahan derita, mereka berteriak dengan cara yang mereka bisa.

Masta Meninggal Dunia Usai Digigit Anjing Peliharaannya

Seperti yang dialami oleh seorang PRT asing yang dituturkan oleh akun facebook Mapuii Lrp Sinta ini.

Dalam unggahannya, akun Sinta mencerirtakan petaka yang dialami oleh seorang PRT asing yang kebetulan adalah saudaranya.

PRT asing tersebut belum lama bekerja di majikan yang memperkerjakannya saat ini. Ditengah aktifitasnya bekerja, PRT asing tersebut disuruh untuk memberi makan anjing majikannya. Dan saat PRT tersebut tengah memberi makan, tiba-tiba anjing majikannya menggigit tangannya hingga terluka dan bengkak.

PRT tersebut mengeluhkan rasa sakit di tangan serta rasa demam ditubuhnya.

Bukan berarti majikannya tidak tahu, saat PRT asing tersebut memberi makan anjing, anak laki-laki majikannya melihat semuanya hingga PRT tersebut digigit anjingnya di pada bagian tangan.

Namun reaksi anak majikan biasa saja. PRT asing tersebut hanya diberi selotip untuk menutup lukanya agar tidak terus menerus mengeluarkan darah.

Bibirnya Digigit Anjing Majikan, PMI Ini Dinyatakan Cacat Seumur Hidup

Peristiwa tersebut terjadi pada 22 Mei 2021 kemarin.

Hingga tiga hari berselang, majikan tetap tidak membawa PRT asing tersebut berobat ke dokter. Saat sang PRT meminta dibawa ke dokter, majikan mengatakan tidak perlu sebab menurutnya nanti akan sembuh sendiri.

Tidak tahan dengan yang diderita, akhirnya pada 23 Mei, PRT tersebut melaporkan ke agen yang menyalurkan dan ke salah satu sepupunya.

Saat pihak agen menghubungi majikan, majikan tidak membawa ke dokter dengan dalih hari libur.

Dan keesokan harinya, 24 Mei, PRT tersebut barulah dibawa berobat seadanya.

Dokter memberikan suntikan antibiotik  dan meresepkan beberapa obat. Dokter bilang lukanya bisa berakibat fatal jika dibiarkan sebab tanda-tanda infeksi sudah tampak. Tangan PRT tersebut secara fisik bengkak dan membiru.

Demi Carikan Biaya Suami Ke Taiwan, Ihtiyar Y Sampai Tangannya Digigit Anjing Majikan

Akun Sinta mengaku sedang cemas dan sedang mencari nasehat. Sebelumnya dia telah menghubungi Kementrian Tenaga Kerja Singapura, namun tidak tersambung.

Dia bingung sebab sang PRT yang digigit anjing tidak mau melanjutkan pekerjaan di majikan tersebut. Sementara majikan tidak mau menghentikan PRT tersebut. Jika PRT tersebut ngotot ingin berhenti, dia dituntut untuk membayar sejumlah uang sebagai ganti hari-per hari dia tinggal di tempat tersebut.

Saat berita ini diturunkan, postingan yang diunggah pada 28 Mei tersebut telah dikomentari lebih dari 186 komentatot dan telah dibagikan 132 kali. []

Advertisement
Advertisement