June 22, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kerumunan PRT Asing di Mei Foo Plaza, Dari Melepas Masker Hingga Buka Hidangan Jamuan Makan Bersama

1 min read

HONG KONG – Menjelang pemberlakuan aturan denda baru serta pemberlakuan pengetatan sosial baru dari batas maksimal berkumpul empat orang menjadi dua orang, masih sering ditemukan berbagai bentuk pelanggaran yang terjadi di kalangan PRT asing yang berkerumun di hari liburnya.

Tertangkap kamera wartawan, sekelompok PRT asing dalam jumlah ratusan, berkumpul di kawasan Mei Foo Plaza siang ini (06/12/2020).

Ditengah-tengah mereka banyak yang duduk dalam jarak berdekatan tanpa menjaga jarak personal, serta melepas masker hingga menyediakan jamuan makan bersama untuk lebih dari dua orang.

Dalam pemberitaan sebelumnya, otoritas Hong Kong melalui Labour Departement menyampaikan himbauan kepada para majikan, PRT asing serta agen penyalur agar turut mendukung dengan melakukan sosialisasi supaya pelaksanaan protokol kesehatan ditengah pandemi corona gelombang keempat akan segera terkendali dan teratasi.

Tak hanya itu, sejak kemarin siang, aparat Kepolisian melakukan patroli di kawasan Central, dimana kawasan tersebut menjadi tempat berkumpul ribuan PRT asing saat hari sabtu dan Minggu.

Dengan menggunakan beberapa bahasa, mereka menyampaikan informasi melalui pengeras suara dan melalui brosur, yang intinya himbauan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak, hingga berkumpul maksimal dua orang.

Jika melanggar, mulai 11 Desember, sangsi denda yang diberlakukan akan meningkat menjadi HKD. 5 ribu dari yang sebelumnya HKD 2 ribu. []

Advertisement
Advertisement