June 22, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Masuk Indonesia dari Malaysia, Bakal Dikarantina Selama 14 Hari

1 min read

JAKARTA – Tingginya kasus baru yang dilaporkan Malaysia setiap harinya membuat beberapa negara melakukan antisipasi. Salah satu negara yang mereaksi situasi tersebut adalah Indonesia.

Melalui Satgas Covid-19, Indonesia menyatakan akan memperpanjang masa karantina bagi ppelintas batas Indonesia Malaysia, atau dengan kata lain, akan memperpanjang masa kkarantina bagi siapa saja yang memasuki wilayah Indonesia dari Malaysia.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Senin (31/05/2021) kemarin.

“Khususnya karantina lebih lama. Sejauh ini 14 hari [masa karantina], namun belum ditetapkan secara resmi. Nanti jika sudah update akan segera kami beritahu kepada pihak media,” kata Wiku.

Wiku mengatakan rencana kebijakan sementara ini diambil karena perkembangan kasus Covid-19 sangat dinamis. Maka berbagai langkah antisipasi dipikirkan.

Kendati begitu, belum ada kepastian kapan kebijakan ini akan diumumkan secara resmi. Begitu juga kebijakan-kebijakan khusus lainnya guna merespons lockdown di Malaysia.

Sebelumnya, pemerintah Malaysia telah mengumumkan kebijakan lockdown yang akan dimulai pada 1-14 Juni 2021. Bersamaan dengan kebijakan itu, sebagian besar pabrik dan pusat perbelanjaan akan ditutup.

Masyarakat hanya boleh bepergian dalam radius 10 kilometer dari tempat tinggal masing-masing. warga pun hanya boleh keluar rumah untuk membeli hal-hal esensial, seperti bahan pokok, obat-obatan, dan urusan perbankan.

Saat ini, Malaysia mencatatkan rekor pertambahan kasus harian mencapai 7.000 kasus. Hal ini menjadikan Malaysia sebagai negara dengan kasus harian covid-19 tertinggi di Asia Tenggara pada saat ini, mengalahkan Indonesia dan Filipina. []

 

Advertisement
Advertisement