May 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Menengok Persiapan Pemakaman Ibu Negara RI Ke-6, Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

3 min read

JAKARTA – Ibu Negara RI ke-6 yang tutup usia pada Sabtu, 01 Juni 2019 pukul 11:50 waktu Singapura sejak Februari lalu mendapat perawatan di National University Hospital Singapore karena kanker darah yang dideritanya.

Almarhumah Ani Yudhoyono akan dimakamkan hari ini, Minggu (2/6/2019), di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pukul 15.00 WIB setelah digelar upacara pemakaman yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan terlihat bersiap menunggu pemakaman istri mantan presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, sore nanti.

Pantauan di lokasi, pada pukul 08.15 WIB, tenda sudah dipasang lengkap dengan bangku-bangku untuk pelayat. Awak media pun sudah ramai bersiaga di dekat makam Ani, yang rencananya terletak di Blok M Nomor 129.

Tak hanya tenda, TMP Kalibata juga mulai ramai dengan berbagai karangan bunga. Karangan bunga dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hingga mantan Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat era SBY Agung Laksono menempati salah satu sudut di TMP Kalibata.

Personil Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga sudah bersiaga di depan TMP Kalibata. Meski hingga saat ini, lalu lintas di Jalan Raya Kalibata terbilang lengang.

Dokter kepresidenan, Terawan Agus Putranto meyebut kondisi Ani sempat membaik pada Jumat (31/05/2019), tapi tak bertahan lama sehingga harus menggunakan respirator.

Hingga tutup usia, Ani belum sempat melakukan donor sumsum tulang belakang yang rencananya akan diberikan sang adik Pramono Adhie Wibowo. Rencana donor urung dilakukan karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Sementara itu, suasana di rumah duka Puri Cikeas Bogor dijaga ratusan aparat keamanan, sejak Sabtu (1/6) hingga Minggu (2/6). Pagi hingga siang ini pendopo Puri Cikeas memang dibuka untuk umum bagi masyarakat yang ingin melayat dan memberi penghormatan terakhir untuk Ani.

Dilaporkan kantor berita Antara, Polda Jabar menurunkan 400 personel ke Puri Cikeas Bogor.

“Agar tidak terjadi penumpukan para pelayat yang akan melaksanakan takziah ke rumah duka dan pemakaman almarhum ibu Ani Yudhoyono,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Pengamanan tidak hanya difokuskan ke rumah duka, melainkan juga beberapa titik lain yang akan dilewati pelayat menuju rumah duka. Itu termasuk polisi yang akan mengawal jenazah istri Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, ke TMP Kalibata.

“Ini bentuk penghormatan anggota Polri kepada almarhum Ibu Ani Yudhoyono,” kata Rudy.

Pendopo Puri Cikeas di mana jenazah Ani disemayamkan sementara, sudah mulai dibuka. Masyarakat berdatangan memberi penghormatan terakhir mereka, baik yang kenal dan pernah bertemu secara langsung maupun yang hanya sekadar tetangga dan tak pernah berjumpa.

Sejumlah tokoh pun hadir, termasuk Ketua MPR RI Zulkilfi Hasan, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, musisi/politikus Dwiki Dharmawan, serta politisi Yusril Ihza Mahendra.

Masyarakat diberi kesempatan memberi penghormatan pada Ani di Puri Cikeas sampai pukul 12.00 siang nanti. Setelah itu jenazah akan disalatkan dan diupacarai, sebelum diberangkatkan untuk dikebumikan di TMP Kalibata, yang dijadwalkan pukul 13.30 WIB.

Jenazah diberangkatkan menuju TMP Kalibata dengan rute perjalanan: Puri Cikeas-Jalan Alternatif Trans Yogi Cibubur-Masuk Pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta-Jalan Tol Jagorawi-Cawang-Tol Dalam Kota-Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran-Jalan Raya Pasar Minggu-TMP Kalibata. Lalu lintas di sekitaran TMP Kalibata pun akan direkayasa. []

Advertisement
Advertisement