December 4, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

[OPINI] Sederet Alasan Kenapa Harus Membaca UU Omnibus Law

3 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – DPR RI pada hari Senin (05/10/2020) telah mensahkan Omnibuslaw Cipta Kerja menjadi undang-undang. Istilah omnibuslaw pertama kali muncul dalam pidato pertama Joko Widodo setelah dilantik menjadi Presiden RI untuk yang kedua kalinya pada Minggu (20/10/2019). Meskipun mendapat banyak penolakan dari berbagai elemen masyarakat, setahun berlalu, UU Omnibuslaw benar-benar disahkan oleh DPR.

Di Kantor, di warung burjo, di angkringan semua orang bahas omnibuslaw. TV, radio, fesbuk, yutub, ig bahkan chat di grup wasap isinya juga omnibuslaw. Masyarakat, mahasiswa, buruh dan berbagai elemen masyarakat melakukan aksi di jalanan menolak omnibuslaw. Wah, pokoknya seminggu belakangan ini hidup kita semua dipenuhi informasi tentang omnibuslaw.

Selain menjadi salah satu UU paling ngehits di Indonesia, ada beberapa alasan kenapa kamu harus baca UU Omnibuslaw Cipta Kerja. Tentu saja yang nomor empat buat kamu tercengang. Hahahhaha.

Jadi Orang Yang Perhatian

Membaca dan mempelajari Omnibuslaw Cipta Kerja merupakan ciri-ciri orang yang perhatian. Perhatian sama keadaan negara, perhatian kepada sesama. Gilee kan, kepentingan negara aja diperhatiin, apalagi kepentingan kamu? Eaaaaa.

Keliatan Pinter

Salah satu keuntungan jika kamu membaca dan mempelajari Omnibuslaw Cipta Kerja adalah kamu bakal keliatan pinter. Dengan membaca draft UU-nya (UU asli belum keluar), maka kita bakal tau apa aja hal-hal yang diatur dalam Omnibuslaw Cipta Kerja ini. Setidaknya kamu bakal keliatan pinter, karena diajak bahas dari segimana pun kamu paham dan bisa nyambung.

Punya Bahan Untuk Adu Argumen

Pro atau kontra terhadap Omnibuslaw Cipta Kerja itu hak kamu sepenuhnya, bebasssss, yang penting beralasan dan kamu bisa menyampaikan dengan argumen yang tepat. Nah, biar kamu punya bahan untuk adu argumen, maka kamu kudu banget wajib baca dan memahami isi dari Omnibuslaw Cipta Kerja.

 

Menghargai Kerja Keras DPR

Disahkan Omnibuslaw Cipta Kerja oleh DPR harus banget kita apresiasi. Kalo biasanya kerja DPR itu lelet banget, nah kali ini DPR bisa menunjukkan prestasinya untuk bekerja cepat. Gak main-main loh, dalam waktu singkat DPR sukses menyelaraskan 64 UU yang terdiri dari ribuan pasal dengan lebih dari 10 klaster. Keren kan?

 

Anti Hoax

Membaca isi materi dalam omnibuslaw penting banget biar kita bisa menyaring informasi dengan baik. Jadi info yang kamu dapat bukan sekedar ‘katanya.’ Kamu juga jadi bisa memilah dan memilih mana berita dan informasi yang benar dan mana informasi yang cuma hoax.

Oh ya satu lagi, sampai dengan tulisan ini diketik, karena naskah final UU-nya belum dipublish secara resmi, jadi kalo kamu mau speak up, maka kamu harus baca naskah omnibuslaw berbagai versi, yang  900 halaman dan juga yang seribuan lebih halaman. Jadi kalo kamu ditangkap karena menyebarkan hoax tentang substansi UU Cipta Kerja, maka kamu bisa nunjukin dasarnya.

 

Ada Bahan Buat Demo

Meskipun naskah final UU Cipta Kerja belum dipublish, tapi setidaknya buat yang sudah baca draft RUU-nya sudah tau apa aja sih, hal-hal yang diatur dalam UU Cipta Kerja. Dengan membaca draft RUU-nya kita bisa tau seperti apa busuknya rancangan omnibuslaw.

Banyak ahli lintas kelimuan yang sudah membedahnya. Alasan mendasar kenapa rancangan omnibuslaw patut ditolak adalah, selain isinya yang dinilai tidak adil, tidak transparan, minim aspirasi publik dan cacat secara formil.

Kamu gak setuju dengan omnibuslaw? Mau ikut demo? Tips dari aku, baca dulu materi UU-nya ya. Kamu bisa berorasi penuh isi. Fixs pasti keren banget.

Nah, itulah alasan-alasan kenapa kamu harus banget baca materi Omnibuslaw Cipta Kerja. Btw, buat kamu sarjana hukum, ada satu lagi alasan kenapa kamu harus baca omnibuslaw, yaitu cari bahan buat membatalkan omnibuslaw secara konstitusional. []

Penulis Nana Iguana

Advertisement