May 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ramadhan Sebentar Lagi Tiba, Yuk Mencecap Cuan Jualan Kurma

3 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Bisnis kurma saat ramadan jadi peluang yang bisa mendatangkan keuntungan. Bulan ramadan memang menjadi bulan suci yang dinanti-nanti oleh umat Muslim di dunia. Selain menjadi bulan yang akan dipenuhi dengan aktivitas peribadatan, ramadan juga menjadi momen untuk berbagi banyak kebaikan dan berkumpul bersama dengan keluarga.

Selain itu, ramadan juga selalu identik dengan buah kurma yang selalu mengalami kenaikan permintaan. Jadi nggak heran kalau para pedagang kurma omsetnya melonjak di bulan ramadan. Di samping itu, peluang bisnis kurma saat ramadan juga tidak hanya bisa dinikmati oleh pedagang kurma saja, tapi juga oleh para pedagang musiman yang juga ikut menjalankan bisnis kurma di bulan ramadan.

Kurma memang menjadi makanan yang disunahkan Rasulullah SAW untuk berbuka puasa. Hal ini dikarenakan kandungan kalori dalam kurma cukup tinggi. Anjuran tersebut memberikan beberapa pelajaran termasuk untuk anjuran bersegera dalam berbuka puasa. Hal ini dikarenakan rasa kurma yang manis dapat dengan cepat meresap dan diterima oleh liver. Sehingga, liver dapat memproses dan mengirimkan zat yang dihasilkannya ke seluruh anggota tubuh dan otak.

Seperti yang dilakoni Wina Karnie, salah satu perempuan mantan pekerja migran Indonesia di Hong Kong asal Takeran Magetan ini. Tersedia berbagai macam kurma yang diperdagangkan seperti kurma Madinah, Mesir, Tunisia, Iran, hingga kurma Ajwa atau yang lebih terkenal dengan sebutan kurma Nabi, dipasarkan  dengan harga yang beragam.

Biasanya satu bulan menjelang lebaran, masyarakat sudah banyak yang mencari kurma di pasaran untuk dipasarkan lagi ke daerah-daerah lain. Hal inilah yang mendorong lonjakan omset bagi para pelaku bisnis kurma saat ramadan.

Cara memulai bisnis kurma

Nah, sebagai produk, kurma memang merupakan salah satu bahan yang sangat menarik dan sangat populer. Untuk kamu yang tertarik dengan bisnis kurma, kamu bisa memulai bisnis kurma ini dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini :

Cari distributor kurma yang jelas

Untuk memulai bisnis kurma agar sukses, maka hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah kamu wajib mencari bisnis kurma yang jelas. Distributor yang jelas bisa membantu kamu untuk mendapatkan produk kurma yang berkualitas.

Bukan hanya bisa mendapatkan produk kurma yang berkualitas. Selain memperhatikan kualitas kurma yang akan kamu jual kembali, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai sistem kerjanya.

Sangat penting bagi kamu untuk mencari distributor kurma yang mampu memberikan produk yang berkualitas. Akan tetapi selain memiliki produk yang jelas, hal lain yang perlu diperhatikan dari sebuah distributor adalah mengenai sistem kerja sama yang ditawarkan.

Jika jasa distributor kurma memiliki sistem kerja sama yang buruk, kamu sendiri yang akan dirugikan dengan masalah tersebut. Oleh karena itu, pastikan kamu cari tahu dahulu seluk beluk dan juga cara kerja sama sebelum memulai bisnis dengan distributor tersebut.

Pertimbangkan harga

Selanjutnya, perhatikan mengenai harga yang akan kamu dapatkan, saat ini ada banyak distributor kurma yang bisa kamu temukan. Masing-masing karang punya produk yang sama tapi memiliki harga yang berbeda. Jika kamu ingin mendapatkan produk dengan harga yang terbaik, lakukan riset dahulu. Bandingkan antara distributor satu dengan lainnya untuk cari tahu mana produk dengan harga yang lebih murah tapi memiliki kualitas yang terbaik.

Pasarkan secara lokal

Selanjutnya adalah mengenai pemasarannya. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis kurma, coba pasarkan secara lokal terlebih dahulu. Pemasaran secara lokal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan reputasi yang baik terlebih dahulu.

Pemasaran secara lokal bisa dilakukan dengan memasarkannya di sosial media kamu, membuat kios atau dengan menawarkannya pada rekan kamu. Cara pemasaran yang paling mudah dan paling tepat bisa dilakukan dengan menggunakan sistem pemasaran warung atau kios.

Akan tetapi jika kamu tidak memiliki dan untuk membangun kios, maka kamu bisa memasarkannya langsung dengan cara online seperti pemasaran di sosial media dan juga di e-commerce.

Coba varian produk kurma olahan

Nah selanjutnya adalah menjual kurma sebagai produk olahan. Kamu bisa menjual produk kurma baik dalam bentuk buah baik itu bentuk kiloan maupun dalam bentuk kemasan. Atau kamu juga bisa membuat produk olahan kurma yang belakangan ini tidak kalah populer dan memiliki daya tarik.

Salah satu contoh produk olahan kurma yang bisa kamu coba adalah produk olahan kurma susu. Selain itu, masih banyak lagi produk olahan kurma yang tidak kalah menarik. Contohnya adalah kue kurma dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu membuat bisnis kurma, kamu tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan, akan tetapi kamu juga akan mendapatkan lebih banyak manfaat karena produk bisnis kuliner kurma yang kamu juga adalah produk kurma yang kaya dengan manfaat untuk para konsumen kamu nantinya. [Win]

Advertisement
Advertisement