October 17, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sampai Tadi Malam, Jumlah PMI yang Sedang Menjalani Karantina di Asrama Haji Tembus 600 Orang

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Posko Penanganan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Jawa Timur merilis sampai dengan pukul 23.59 WIB, Sabtu (19/06/2021) masih ada 608 orang PMI yang sedang menjalani karantina. Pahlawan devisa negara julukan bagi pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di luar negeri ini, dikarantina di beberapa tempat khusus PMI dari Jatim di Asrama Haji Surabaya berjumlah 472 orang, PMI yang berasal dari luar Jatim yang juga dikarantina di Asrama Haji Surabaya sebanyak 71 orang sisanya 65 orang di Ketintang Surabaya.

Sedangkan total jumlah kedatangan PMI sejak 29 April lalu hingga kini telah mencapai 15.654 orang, jumlah tersebut termasuk tambahan kedatangan terbaru kemarin  (19/06/2021) 153 orang. Sedangkan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur memberikan data rekapitulasi 15.046 orang PMI telah keluar dari karantina dengan rincian PMI yang dijemput oleh pemerintah kabupaten kota, daerah asal PMI berjumlah 12.031, pulang secara mandiri 2.836.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov.Jatim, Budi Rahardjo menjelaskan PMI yang masih dikarantina karena sedang menunggu hasil pemeriksaan test swab dan sesuai standar operasional prosedur PMI tersebut harus menjalani karantina atau PMI yang belum pulang ke daerah asal.

“Secara umum kita yang tergabung dalam Satgas Posko Penanganan Pemulangan PMI Jawa Timur berkomitmen sesuai dengan tupoksi masing-masing OPD yang terlibat untuk memberikan pelayanan kepada seluruh Pahlawan Devisa Negara ini biasa kami menyebutnya” terangnya. []

Kominfo Prov Jatim

Advertisement
Advertisement