August 3, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Usai Jalani Karantina di Asrama Haji, Enam PMI Asal Trenggalek Dijemput Pulang

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Setelah menjalani karantina selama tiga hari mulai tanggal 11– 13 Juni 2021 di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, 6 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Trenggalek dipulangkan. Mereka dijemput oleh petugas dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek, setelah hasil swab PCR nya dinyatakan negatif.

Proses pemulangan 6 PMI ke Kabupaten Trenggalek tersebut diawali dengan pelaporan data dan pengambilan berkas termasuk penunjukan paspor yang masih berlaku dan hasil swab para PMI kepada petugas KKP di Asrama Haji.

“Usai dilakukan pendataan, para pekerja migran ini akan dikarantina lagi selama tiga hari di tempat yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Trenggalek, sebelum pulang ke kampung halamannya masing-masing. Terdapat dua tempat karantina bagi para PMI asal Trenggalek yang digunakan, yakni Hotel Prigi dan Rumah Susun (Rusunawa) yang lokasinya cukup berdekatan di sana,” ujar petugas penjemput dari Kabupaten Trenggalek, Suyoto kepada JNR di Asrama haji Surabaya, Senin (14/06/2021).

PMI yang dipulangkan hari ini ke daerah asal dari Asrama Haji Sukolilo sebanyak 2.667 orang dan sebanyak 170 orang dari Kabupaten Trenggalek.

Total pemulangan PMI ke daerah asal yang keluar dari karantina Asrama Haji Sukolilo Surabaya sebanyak 14.013 orang, dijemput pemerintah kabupaten dankota sebanyak 11.346 orang dan sebanyak 2.667 pulang sendiri dan di jemput pihak keluarga. []

Advertisement
Advertisement