November 25, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Seekor Anjing Peliharaan di Tai Hang dinyatakan Positif Corona

1 min read
Ilustrasi Anjing peliharaan di Tai Hang Hong Kong terinfeksi corona (Foto Market Watch)

Ilustrasi Anjing peliharaan di Tai Hang Hong Kong terinfeksi corona (Foto Market Watch)

Prime Banner

HONG KONG – Kejadian unik pertama kali terjadi di Hong kong. Jika sebelumnya banyak kalangan yang berkompeten menyatakan, virus corona tidak akan menular ke binatang peliharaan, fakta mengejutkan terjadi di Tai Hang.

Kemarin (28/02/2020), Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi bersama dengan Departemen Kesehatan mengeluarkan pernyataan pers bahwa seekor anjing milik seorang warga yang positif terinfeksi corona warga sebuah flat di Tai Hang dinyatakan positif rendah terinfeksi corona.

Hari itu juga, petugas langsung mengevakuasi anjing dimaksud untuk dibawa ke pusat karantina hewan di Pelabuhan Hong Kong-Jembatan Zhuhai-Macao.

Namun demikian, sampai saat keterangan pers itu disiarkan, kedua sumber di dua departemen tersebut belum bisa menunjukkan bukti ilmiah bahwa hewan peliharaan bisa menularkan virus corona ke manusia terutama pemeliharanya.

Jika ada temuan baru lagi, hewan peliharaan terdeteksi positif virus corona, kedua departemen mewajibkan untuk mengkarantina guna mencegah dan menangani penularan.

Pemilik hewan peliharaan diingatkan untuk meningkatkan kebersihan baik kebersihan diri si pemelihara maupun kebersihan hewan peliharaan. []

Advertisement